Hosting Unlimited Indonesia

Cara Membuat Benih Cabe Rawit


Cara membuat benih cabe rawit dengan mudah, yaitu :
  1. Pada tanaman cabe yang ingin dibuat sebagai indukan atau benihnya akan diambil sebaiknya memiliki keseragaman dengan tanaman cabe lainnya yang ingin di jadikan indukan juga, keseragaman ini berupa batang, bunga, buah, bentuk daun dan lain sebagainya.
  2. Silahkan untuk mengeliminasi atau membuang cabe yang tidak sesuai dengan standart yaitu pertumbuhannya berbeda dengan yang lainnya. Usahakan perlakuan ini dilakuan sebulum tanaman berbunga agar tidak terjadi penyerbukan silang antar tanamann yang akhirnya akan membuat benih cabe menjadi jelek.
  3. Selanjutnya tanaman cabe yang terserang hama dan penyakit sebaiknya dimusnakan.
  4. Rawat dengan baik tanaman cabe dengan menyiram, menyiangi, serta memberikan pupuk. Setelah tanaman berbuah silahkan petik, usahakan cabe yang dipetik benar benar sudah tua dengan ciri berwarna merah.
  5. Langkah selanjutnya silahkan sayat cabe yang sudah diipetik, jangan sampai dalam karena bisa merusak benih cabe
  6. Ambil biji cabe rawit dan cuci dengan air bersih sampai terpisah dari kotoran daging buah.
  7. Kemudian rendam benih cabe ke dalam air bersih, silahkan ambil biji cabe yang tenggelam dan buang yang terapung karena biasanya benih yang terapung akan memiliki persentase tumbuh yang rendah
  8. Jemur benih cabe disinar matahari atau dikering anginkan. Setelah benih kering, benih sudah dapat dijadikan sebagai benih untuk dibudidayakan.
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar